cover
Contact Name
Wahidin
Contact Email
info.jpj@ung.ac.id
Phone
+6285340002520
Journal Mail Official
info.jpj@ung.ac.id
Editorial Address
Department of Physics, Universitas Negeri Gorontalo Lt.1 Gedung F.MIPA, Jl. Prof Dr. Ing B.J. Habibie, Desa Moutong, Kec. Tilongkabila, Kab. Bone Bolango, Provinsi Gorontalo 96119, Indonesia
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Jambura Physics Journal
ISSN : 26549107     EISSN : 27215687     DOI : https://doi.org/10.34312/jpj.v1i2
Core Subject : Science, Education,
The Jambura Physics Journal (JPJ) is the official journal of Physics Department, Faculty Mathematics and Natural Science, Universitas Negeri Gorontalo. JPJ is a peer-reviewed article publish articles twice a year in April and October. The research article submitted to this online journal will be peer-reviewed at least 2 (two) reviewers. The accepted research articles will be available online following the journal peer-reviewing process. The language used in this journal is English or Indonesia. The Jambura Physics Journal is an integrated forum for communicating scientific advances in the field of physics and education physics. The journal reports significant new findings related to physics applications and education physics, including learning media development, learning methods development, learning methods implementation, and several application of physics. The Jambura Physics Journal publishes comprehensive research articles and invited reviews by leading experts in the field. Papers will be selected that high scientific merit, impart important new knowledge, and are of high interest to physics and education physics community.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2020): April 2020" : 5 Documents clear
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KETERAMPILAN PROSES SAINS YANG MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PERKULIAHAN EKSPERIMEN FISIKA 2 Ketarina Esomar; Juliana Nirahua; Frandy Akyuwen
Jambura Physics Journal Vol 2, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (652.345 KB) | DOI: 10.34312/jpj.v2i1.6863

Abstract

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS BLENDED LEARNING DAN CRITICAL THINKING SKILL PADA MATA KULIAH ASTROFISIKA DALAM MENYONGSONG ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Juliana Nirahua; Jony Taihuttu; Venty Sopacua
Jambura Physics Journal Vol 2, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (592.748 KB) | DOI: 10.34312/jpj.v2i1.6869

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar berbasis blended learning dan critical thinking skill pada mata kuliah Astrofisika dan untuk mengetahui kelayakan dari bahan ajar berbasis blended learning dan critical thinking skill yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D dari Thiagarajan yang meliputi 4 tahapan define, design, develop, dan disseminate. Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahapan develop karena hasil penelitian sudah tercapai. Hasil validasi bahan ajar oleh ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan valid dan layak untuk diujicobakan. Hasil uji coba pada 30 mahasiswa Astrofisika program studi pendidikan fisika menunjukkan bahwa Bahan Ajar Astrofisika berbasis Blended Learning and Critical Thinking SkillI telah memenuhi standar kelayakan sebagai bahan ajar yang dapat digunakan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa, dapat digunakan secara klasikal dan mandiri, secara online dan offline (face to face).
PEMANFAATAN KARBON AKTIF DARI LIMBAH KULIT LADA SEBAGAI ADSORBEN LOGAM BERAT BESI PADA PENGOLAHAN TAMBANG TIMAH (KULONG) DI PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG Dewi Marina; Widodo Budi Kurniawan; Arya Bagaskara; Jefri Akbar
Jambura Physics Journal Vol 2, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (723.473 KB) | DOI: 10.34312/jpj.v2i1.5639

Abstract

Sintesis karbon aktif yang berasal dari limbah kulit lada sebagai material pengolahan air pasca tambang timah (kulong) di Propinsi Kepulauan Bangka Belitung telah dilakukan. Karbon aktif dipreparasi secara kimia menggunakan aktivator KOH 3M dengan nisbah 1:4 dan dikuti dengan aktivasi secara fisika dengan aliran gas N2 pada suhu 600 0C selama 3 jam. Sampel karbon aktif hasil preparasi dan telah mengalami pencucian hingga pH netral selanjutnya dikarakterisasi menggunakan SEM-EDX untuk mengetahui struktur morfologinya. Kemudian sampel karbon aktif dilakukan pengujian pada air kulong dengan parameter tingkat kekeruhan dan Atomic Absorbsion Spectrophotometry (AAS). Hasil SEM-EDX menunjukkan bahwa morfologi sampel berpori, selain itu hasil uji tingkat kekeruhan dengan perlakukan penambahan karbon aktif mengalami penurunan. Hasil serupa juga terjadi pada pengujian menggunakan uji AAS. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa karbon aktif limbah kulit lada dapat dijadikan sebagai material penyerap pada proses pengolahan air pasca tambang timah (kulong).
KARAKTERISTIK PENILAIAN FORMATIF PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT (CIPP) Fitriawati Potabuga; Muhammad Yusuf
Jambura Physics Journal Vol 2, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jpj.v2i1.6662

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik penilaian formatif pembelajaran IPA dengan menggunakan model Context, Input, Process, Product (CIPP). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Tahapan Context untuk merencanakan pembelajaran reponden A, B, dan C telah merencanakan pembelajaran dengan baik, pada tahapan Input untuk keterampilan guru responden A, B, dan C telah menggunakan 8 (delapan) keterampilan dasar mengajar pada proses kegiatan belajar mengajar (KBM), pada tahapan Process, cara guru memberikan penilaian yaitu responden A, B, dan C memberikan  penilaian  dengan cara formatif, pengetahuan, dan keterampilan, sedangkan pada tahapan Product responden melihat hasil belajar siswa.
ANALISIS SEBARAN LAVA BANTAL WATUADEG YANG DIDUKUNG DATA VERTICAL ELECTRICAL SOUNDING (VES) DI LAPANGAN ‘AGSTY’ YOGYAKARTA Nurul Dzakiya; Muhammad Agsti Buana Aditya; Harsano Jayadi; Dewa Gede Eka Setiawan
Jambura Physics Journal Vol 2, No 1 (2020): April 2020
Publisher : Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34312/jpj.v2i1.6769

Abstract

Analisis sebaran lava bantal Watuadeg di Kecamatan Berbah DI Yogyakarta yang didukung data Vertical Electrical Sounding (VES )telah dilakukan.Keterdapatan lava bantal yang tersingkap di permukaan merupakan penanda bahwa dahulu daerah tersebut merupakan laut. Akibat proses geologi terutama tektonik mengakibatkan lava bantal tersebut terangkat kedaratan. Lava bantal yang belum tersingkap karena tertutup oleh soil (lapukan batuan) menjadi daya tarik tersendiri untuk dikaji. Persebaran lava bantal permukaan dominan mengalir dari sumbernya ke arah selatan dan menyebar ke tenggara serta dibatasi oleh Sungai Opak. Berdasarkan hasil analisis data VES, keberadan lava bantal di lokasi titik pengukuran berada di kedalaman 4 m dengan nilai resistivitas sebesar 1321,08 Ωm. Berdasarkan  dari data geologi dan nilai resistivitas batuan tersebut dapat disimpulkan bahwa penyebaran lava bantal  dominan ke arah selatan dari pusat erupsinya dengan sayap sebaran ke arah tenggara dan barat daya serta sebarannya masih ada di bawah permukaan

Page 1 of 1 | Total Record : 5